learning_out1Dalam upaya mewujudkan visi Universitas Jember yakni: “Menjadi Universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial”. LP3M Universitas Jember melakukan kegiatan program pengembangan kapabilitas prodi melalui kegiatan “Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Learning Outcomes Mengacu KKNI dan  Akreditasi Onlineyang diselenggarakan pada tanggal 5 Nopember 2017 di Aula Lt. III Gedung Surachman Universitas Jember. Tugas LP3M Universitas Jember adalah terus mendorong semua program studi untuk mendapatkan pengakuan pubilk (public recognition) dalam bentuk pencapaian akreditasi BAN-PT level nasional dan AUN-QA di level ASEAN guna program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Dengan mempertimbangkan berbagai kelemahan ini menghalangi pencapaian optimal nilai akreditasi (BANPT dan AUN-QA) program studi. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pogram Studi di lingkungan Fakultas, Wakil Dekan I, Gugus Penjaminan Mutu di lingkungan Fakultas, Koordinator Pusat LP3M dan Tim Penyusun Kurikulum.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka workshop ini, Wakil Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar, Ph.D .menyampaikan bahwa proses pembelajaran berbasis SNPT, Universitas Jember telah menyiapkan infrastrukstur agar proses  pembelajaran lebih baik yang didukung oleh infrastruktur IT sehingga e-learning dikembangakan sebagai media manajemen pembelajaran, bukan e-learning UT, e-learning  yang ada dijadikan sebagai e-learning media pembelajaran yang terintegrasi dengan ruangan dan perangkat-perangkat  SOP pembelajaran sehingga proses pembelajaran di setiap kelas dapat berjalan dengan baik. Di dalam SOP bukan hanya terkait dengan substansi pembelajaran tapi harus terangkat di dalam e-learning nya, sehingga Tim GPM  dan prodi benar-benar menjadi patner fakultas dalam pengendalian mutu ke depannya yang memberikan kemudahan proses akreditasi yang terintegrasi dengan SISTER ke depannya. SISTER yang output integrated  dalam Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) dan standart yang baru diharapkan melaju on track dengan kemmpuan partisipasi dan kontribusi di dalam kegiatan-kegiatan yang diharapkan institusi sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua.

learning_out2 learning_out3

Penguatan paradigma GPM menjadi lembaga mandiri di tingkat fakultas dan LP3M berfungsi sebagai koordinatif, fasilitatif dan mediatif, oleh karena itu harapannya GPM menjadi salah satu organ strategis dan berwibawa untuk melakukan kontroling panduan menjamin segala aktifitas tidak hanya pembelajaran riset di fakultas tapi aktivitas kemahasiswaan di dalamnya ujar Ketua LP3M Universitas Jember Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. Workshop ini mendatangkan pemateri dari Ditjen  Belmawa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidik Tinggi, Bapak Ir. Endrotomo, M,T. dalam penyajiannnya menyampaiakn materi Panduan Penyusunan Kurikulum PT, Penyusunan Kurikulum Berbasis Learning Outcomes Mengacu KKNI dan latihan Penyusunan erbasis Learning Outcomes. Selain itu pemateri dari lingkungan Universitas Jember ibu Dwi Endah Nurhayati, S.H., M.H menyampaiakan tentang Borang Akreditasi 9 standar dan Mengenal Borang Online Akreditasi di SISTER 2017 dan SAPTO yang disampaikan oleh Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *