Program Asuh merupakan Program Kemristekdikti untuk meningkatkan layanan, menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu program studi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada Perguruan Tinggi. Upaya ini dilaksanakan melalui program pengasuhan oleh Perguruan Tinggi Unggul (PT Unggul).  Pengusulan proposal dilakukan oleh Perguruan Tinggi Unggul sebagai pengasuh yang melibatkan Perguruan Tinggi yang memerlukan pengasuhan untuk pengembangan sistem penjaminan mutu.

Universitas Jember merupakan salah satu dari 26 Perguruan Tinggi sebagai Perguruan Tinggi Pengasuh yang telah lolos seleksi  Program PT. Asuh menuju Program Studi Unggul Tahun 2017 Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, untuk pelaksana Program Asuh ini dilaksanakan oleh LP3M Universitas Jember sebagai Koordinator Program Asuh Perguruan Tinggi Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si.

asuh1 asuh2

Tujuan, Sasaran, Diskripsi dan Luaran Program Asuh
1. Tujuan
a. Mendorong proses peningkatan mutu perguruan tinggi untuk mencapai tingkat akreditasi terbaik.
b. Memoderasi terjadinya budaya mutu melalui propagasi mutu dari perguruan tinggi yang telah mempunyai budaya mutu tinggi ke PT lain yang masih membutuhkan pengasuhan.
c. Mendorong terlembaganya dan berfungsinya sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan di perguruan tinggi yang masih membutuhkan pembinaan.
d. Meningkatkan jumlah program studi yang mendapatkan layanan mutu.
2. Sasaran
a. PT Pengasuh:
Program ini diperuntukkan bagi Perguruan Tinggi di bawah binaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
b. Sasaran PT Asuhan:
Perguruan tinggi swasta yang dapat menerima asuhan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada pada kluster 3 dan 4 sesuai Surat Dirjen Kelembagaan IPtek dan Dikti Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.1209/L.L5/Ks/2016 tentang pengelompokan (Clustering ) Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia 2016. Diutamakan Prodi pada pergurusan tinggi yang telah mendapatkan Bimtek SPMI dari Direktorat Penjaminan Mutu.
3. Deskripsi Program:
Program Asuh merupakan program Kemristekdikti untuk meningkatkan layanan, menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu program studi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada perguruan tinggi. Upaya ini dilaksanakan melalui program pengasuhan oleh perguruan tinggi unggul. Pengusulan proposal dilakukan oleh perguruan tinggi unggul sebagai pengasuh yang melibatkan perguruan tinggi yang memerlukan pengasuhan untuk pengembangan sistem penjaminan mutu.
4. Luaran Program:
a. Struktur penjaminan mutu dari tingkat PT sampai tingkat program studi.
b. Dokumen mutu yang telah diuji-cobakan dan siap diimplementasikan pada program studi yang menjadi asuhan.
c. Dokumen hasil evaluasi program pengasuhan penjaminan mutu dan rekomendasi tindak lanjut

Perguruaan Tinggi yang menjadi binaan Program Asuh Universitas Jember ada enam PTS di Besuki-Raya yakni Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, Universitas Bhakti Indonesia Banyuwangi, Universitas Lumajang, Universitas Panca Marga Probolinggo, Universitas Islam Jember, dan Universitas Abdulrachman Saleh Situbondo. Dengan mengikuti Program Asuh, PTS mendapatkan pendampingan dalam menyiapkan sistem penjaminan mutu, hingga pendampingan saat visitasi oleh tim akreditasi dari BAN-PT.